Kamis, 16 Agustus 2012

Tips Ampuh!

Satu kata jadi satu kalimat
Satu kalimat jadi satu halaman
Satu halaman setiap hari
Satu tahun satu buku.
SATU BUKU SEBELUM MATI…
BERANI? MUNGKIN AKAN MEMBUAT KAMU ABADI.


Menulis itu ekspresi diri, menulis itu menyenangkan, menulis itu bisa menghasilkan uang, dan menulis adalah bagian dari kehidupan kita. Namun sayang, masih banyak orang yang menganggap bahwa menulis itu sulit.

Saat kamu mengatakan tidak bisa menulis dan kamu diam saja, maka selamanya kamu tidak akan bisa menulis. Langkah pertama agar kamu bisa menulis ialah mulailah menulis.#alah,
Maaf, bukannya saya sok atau merasa sudah pintar menulis. Saya hanya ingin menularkan kebahagiaan lewat tips-tips menulis yang akan saya beberkan. Karna dengan tips ini InsyaAllah kamu akan tertarik menulis. Dan dengan menulis maka kamu akan merasakan kebahagiaan yang saya dan penulis-penulis lain rasakan. Gak percaya? Coba aja…!!!!hhhiii

Kalau kamu bingung, apa sih untungnya menulis? Banyak loh…
- orang lebih resfect
- menjadi inspirasi
- menjadi sumber ilmu bagi orang lain
- menulis membuat kita abadi.

Udah deh, gak usah banyak basa-basi. Langsung aja yuk intip tips-tips menulis ala syafroni…

OK, saya tahu, bagi yang belum biasa menulis, memulai sebuah tulisan adalah sesuatu yang berat. Namun ini harus kamu lakukan jika kamu ingin bisa menulis. kamu harus mulai menulis. Saya akan tunjukan caranya agar kamu bisa mulai menulis sekarang juga.

Untuk latihan, kamu tidak perlu menulis sesuatu yang baru. Serius. Cobalah kamu menulis dengan cara mencontek tulisan orang lain dulu. Betul, kamu cari tulisan orang lain dan kamu boleh tulis ulang 100%. Hanya saja ini bukan untuk publikasi, tetapi sekedar untuk latihan saja.

Terlihat sederhana tetapi ini adalah trik ampuh agar kamu mau memulai menulis. Setelah kamu mencoba menulis ulang tulisan orang lain secara berulang-ulang maka otak dan tubuh kamu sudah mulai terbiasa menulis.
Gampang kan??

Nah, bagaimana si membuat ide kita jadi special? khususnya dalam menulis fiksi.
-         ide harus unik
-         orisinil
-         baru
-         jarang
-         tidak biasa
-         tidak klise
-         tidak kacangan

dan ingat, setting, tempat dan waktu, karakter, alur dan peristiwa dan ending harus di pikirkan matang-matang.

Sudah cukup belum?
Udah yah, janagn banyak-banyak, nanti mabok. Segitu dulu aja!!

Ohy, sekedar ide nih. Terserah yah mau di terima atau gak..#hhheee
Kamu bias loh membuat buku tanpa banyak menulis. Contohnya: mengumpulkan status facebook, mengumpulkan alamat facebook/twitter bintang/artis, dan mengumpulkan quote status seleb. Ajib kan?hhhhaaa

Jadi Intinya dari comal-cemol saya ialah, biasakan menulis. Apa pun isi tulisan kamu, pokoknya biasakan dulu menulis. Jika kamu tidak mau membiasakan diri menulis, jangan mimpi ingin menjadi penulis.


Salam hangat

syafroni (ony89)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar