Sabtu, 01 September 2012

Jejak Skripsi 'Saya'

"SUDAHKAH ANDA MENULIS SKRIPSI HARI INI?"

Kata-kata itu yang selalu terbayang dimana saja dan saat sedang mengerjakan apa saja. rasanya pingin tenggelam kelaut, atau terbang bebas, atau pergi keluar angkasa ketemu makhluk-makhluk aneh dan berbicara sama mereka "GW MAU BEBAS DARI SKRIPSI!!!"

Ah, tapi bagaimana bisa? Mana mungkin?
Siapapun pasti akan melewati masa ini dalam perjalanan akhir pengukuhan dan kapasitas inteleqtualitas dalam meraih gelar sarjana (S1). lalu apa sih definisi skripsi sendiri?
Skripsi adalah karya ilmiah dalam suatu bidang studi yang ditulis oleh mahasiswa program sarjana (S1) pada akhir studi. Karya ilmiah ini merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan studi pada suatu program studi dan dapat ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan, atau hasil kajian pustaka.
 
Buat saya Skripsi adalah perjuangan!
Bagaimana tidak, di awal-awal ketika mengerjakan skripsi saja saya sudah mendapatkan pengalaman sedih. sangat sedih :(
Waktu itu, saya sudah menyelesaikan skripsi sampai BAB II. Namun, suatu sore, saat saya baru selesai sholat magrib dimasjid kampus, saya mendapati tas yang berisi laptop dan data skripsi hilang. entah siapa yang mengambil. padahal sudah disimpen ditempat yang cukup aman.
bagaimana lagi.. gak ada yang bisa disalahkan.. ini murni musibah.

Saya sempat marah sama diri saya sendiri. kenapa bisa terulang kehilangan laptop untuk kedua kalinya? Bahkan saya sempat 'ngambek' gak mau mengerjakan skripsi. gak mau makan, gak mau ketemu orang-orang, gak mau mandi (eitz.. yg terakhir emang kebiasaan)
Tapi setelah beberapa hari 'ngegalau' akhirnya semangat mengerjakan skripsi timbul lagi. bahkan semangat yang ada lebih besar dari semangat sebelumnya. dan alhamdulillah, dengan usaha yang sangat keras dan bantuan teman-teman, satu bulan setelah itu proposal skripsi terselesaikan juga dan saya sidang proposal skripsi di bulan juli 2012.



Tapi hidup saya belum tenaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang...
Ada yang selalu membayangi setelah sidang proposal skripsi.
"PENELITIAN! PENELITIAN!"

Sumpah, ini bagian yang paling menyusahkan. sebenarnya sih gampang, tinggal cari sampel trus penelitian deh. tapi... berhubung Skripsi saya cukup rumit, dan sialnya pembimbing minta penelitian saya di panti sosial.*lapkeringet*

Kendala yang sangat berat ketika penelitian adalah tempat penelitian yang cukup jauh. saya tinggal di jakarta barat, dan penelitian di jakarta timur. harus bolak-balik dan dalam keadaan puasa.

Satu bulan penuh dihabiskan untuk penelitian, dengan waktu yang mepet pula. lepas itu harus buru-buru menyelesaikan BAB IV, V dan VI. Semua dikerjakan dengan buru-buru. Tapi lagi-lagi saya mengucap syukur alhamdulillah skripsi saya selesai dan hari ini sudah mendapatkan tanda tangan pembimbing untuk sidang. Ini semua berkat bantuan teman-teman seperjuangan. saya selalu bersyukur mendapatkan sahabat seperti mereka semua. Thank You Allah!

Skripsi benar-benar perjuangan. Lelah, Bete, Bosen, Rasa malas, semua menjadi tantangan besar yang harus dilawan jika skripsi mau cepet selesai.

Kendala-kendala yang saya alami selama skripsi juga begitu besar. berkali-kali nangis. berkali-kali pula marah pada diri sendiri sampai akhirnya menyesal. kenapa menyesal? Karena saya sadar, Karena setiap masalah dan ujian adalah penggugur dosa dan jalan untuk semakin dekat dengan Allah. Jadi, apa yang perlu ditangisi dan disesali?

Lalu kapan sidangnya?
Tunggu...........


Jakarta,
01 September 2012


Tidak ada komentar:

Posting Komentar